Penyakit Mata Gonoblenorrhoe – Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya

Penyakit Mata Gonoblenorrhoe – Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya – Gonoblenore adalah radang selaput lendir mata yang sangat mendadak ditandai dengan getah mata yang bernanah yang kadang-kadang bercampur darah yang disebabkan oleh kuman Neisseria gonoroika. Proses peradangan yang sangat mendadak pada selaput lendir mata dapat disebabkan oieh Neisseria gonoroika, yaitu kuman-kuman berbentuk bulat, yang sering menjadi penyebab uretritis (radang saluran kemih) pada pria dan vaginitis (radang kemaluan) pada wanita.

Penyakit Mata Gonoblenorrhoe - Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya

Gonoblenorrhoe merupakan salah satu penyakit mata yang terjadi pada bayi yang baru lahir karena ibunya menderita gonorrhoe. Gonorrhoe juga dapat menyerang orang dewasa secara aut infeksi melalui tangan atau handuk. Gejalanya gonoblenorrhoe adalah mata bayi bengkak, bernanah, dan tidak dapat membuka. Jika tak langsung ditangani, dalam waktu 3 minggu bola mata akan pecah dan menyebabkan buta permanen.

Tanda dan gejala Penyakit Gonoblenore

Penyakit Gonoblenore dapat terjadi secara mendadak. Masa inkubasi (massa mulai masuknya kuman sampai timbul gejala penyakit) dapat terjadi beberapa jam sampai 3 hari. Keluhan utamanya adalah mata merah bengkak, dengan getah mata seperti nanah kadang bercampur darah.

Bayi umur kurang dari 1 tahun juga bisa terkena penyakit ini, biasanya didapatkan karena tertular oleh ibunya, pada waktu melewati jalan lahir. Namun pada bayi ini biasanya yang kena kedua mata langsung. Bayi umur kurang dari 5 tahun bila terkena, biasanya ada kontak dengan orang tuanya. Pengobatan Gonoblenore ini harus benar-benar intensit, sebab jika tidak, dapat terjadi pecahnya kornea

Cara mengobati dan mengatsi penyakit Gonoblenorrhoe pada bayi

Untuk memastikan penyebab dan cara mengatasi sakit mata pada bayi yang baru lahir, dokter akan melakukan pemeriksaan. Seperti mengambil dan memeriksa contoh kotoran mata, apakah disebabkan virus, bakteri atau penyebab lain. Selain itu, ada pula pemeriksaan lain untuk melihat kemungkinan kerusakan dari permukaan bola mata.

Untuk sakit mata pada bayi yang baru lahir akibat pemberian obat tetes mata saat lahir, umumnya gejala membengkak akan menghilang dengan sendirinya.

Kemudian jika sakit mata disebabkan saluran air mata yang tersumbat, maka pemijatan di antara area mata dan hidung dapat membantu. Hal ini terutama dilakukan sebelum pemberian antibiotik. Jika masalah ini terus berlangsung hingga usia satu tahun, dokter akan mempertimbangkan dilakukan tindakan bedah.

Sakit mata pada bayi yang baru lahir akibat bakteri, umumnya dapat diatasi dengan antibiotik yang diteteskan ataupun salep. Tetes mata ataupun salep khusus antivirus dapat diberikan untuk infeksi herpes pada bayi.

Khusus untuk sakit mata pada bayi yang baru lahir akibat bakteri gonore, umumnya memerlukan antibiotik yang diberikan melalui terapi infus atau intravenous. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat mengakibatkan luka pada kornea mata hingga kebutaan. Sementara itu, sakit mata pada bayi yang baru lahir akibat klamidia, akan membutuhkan antibiotik minum yang dikonsumsi bayi.

Jika cairan mata yang lengket tampak mengganggu, orang tua dapat membersihkan dengan menggunakan obat tetes mata yang mengandung garam (saline). Selain itu, berikan juga kompres air hangat pada mata untuk mengurangi bengkak dan iritasi,

Meski air susu ibu (ASI) sering disebut dapat mengatasi sakit mata pada bayi yang baru lahir, namun dianjurkan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. ASI yang umumnya diteteskan ataupun ditambahkan pada pemberian obat tetes mata lain diyakini dapat membantu mengatasi sakit mata akibat virus, bakteri atau alergi.

Etiologi Gonoblenore

Gonoblenore yang disebabkan kuman “Neisseria gonoroika” sangat berbahaya sebab dapat menembus kornea mata yang utuh, ini dikarenakan kuman ini mempunyai enzim-enzim penghancur yang dapat merusak (menghancurkan kornea).Biasanya dalam waktu 2-3 hari jika terlambat dalam pengobatan maka komea sudah hancur.
Jika kornea hancur maka jelas dari penglihatan akan sangat turun. Di samping itu jika tidak segera diobati maka kuman akan dapat menjalar ke seluruh isi bola mata. Jika sudah begini maka semua bola mata harus diangkat (diambil) sehingga penderita rongga matanya akan kosong karena tidak ada isinya.

Demikianlah informasi tentang Penyakit Mata Gonoblenorrhoe – Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Maaf bila ada kekurang dari saya, terimakasih.

walatrasehatmatasoftgelindonesia.wordpress.com | Penyakit Mata Gonoblenorrhoe – Penyebab, Gejala Dan Pengobatannya

Leave a comment